Translations of this page:

We’re in the process of updating the documentation for Zotero 5.0. Some documentation may be outdated in the meantime. Thanks for your understanding.

Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi daring (online) Zotero memungkinkan Anda untuk mengakses perpustakaan Zotero Anda di komputer mana pun yang memiliki akses internet. Fitur ini memiliki dua bagian: sinkronisasi data dan sinkronisasi file.

Sinkronisasi Data

Sinkronisasi data berfungsi untuk menggabungkan item, catatan, tautan, tag, dan lain-lain—semuanya, kecuali file lampiran—pada perpustakaan Anda, antara komputer lokal Anda dan server Zotero. Ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan data Anda dari komputer mana pun yang terinstal Zotero di dalamnya. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk melihat perpustakaan Anda secara daring pada zotero.org. Sinkronisasi data bersifat gratis, tidak memiliki batas penyimpanan, dan dapat digunakan tanpa melakukan sinkronisasi file.

Langkah pertama untuk menyinkronisasiskan perpustakaan Zotero Anda adalah dengan membuat akun Zotero terlebih dahulu (yang juga dapat digunakan untuk Forum Zotero). Setelah itu, buka tab preferensi Sync Zotero dan masukkan informasi login Anda pada bagian Zotero Sync Server. Secara default, Zotero akan mensinkronisasikan data Anda dengan server kapan pun terjadi perubahan pada perpustakaan Anda. Untuk menonaktifkan hal ini, hilangkan tanda ceklis pada “Sync automatically”.

Di samping sinkronisasi secara automatis, Anda juga dapat melakukan sinkronisasi secara manual kapan pun Anda mau dengan cara mengklik tombol “Sync with Zotero Server” yang terletak pada sisi kanan toolbar Zotero.

Pertama kali Anda mesinkronisasikan perpustakaan Zotero Anda, Firefox mungkin akan tampak ,ace (hang), terutama jika Anda memiliki perpustakaan yang berukuran besar. Harap bersabar. Jika logo sinkronisasi Zotero terus berputar, dan Anda yakin telah terjadi suatu masalah, lihatlah bahasan sync queuing.

Secara default, Zotero akan menggabungkan perpustakaan Zotero lokal Anda dengan perpustakaan Anda pada zotero.org—perubahan apapun yang Anda buat pada satu perpustakaan akan diaplikasikan pula pada perpustakaan lainnya dan semua komputer lain yang tersinkronisasi. Jika seuah item mengalami perubahan di berbagai tempat sinkronisasi, Anda akan menerima dialog penyelesaian konflik yang menanyakan kepada Anda versi mana yang Anda ingin tetap jaga. Pada kejadian yang langka, yakni ketika Anda ingin meng-overwrite (menimpa) perpustakaan server Anda dengan konten perpustakaan lokal Anda, atau sebaliknya, Anda dapat menggunakan pilihan reset sinkronisasi.

Sinkronisasi File

Sinkronisasi data mesinkronisasikan item-item perpustakaan, tetapi tidak dengan file-file yang dilampirkan (PDF, file audio, video, gambar, dan sebagainya). Untuk menyinkronkan file-file ini, Anda dapat menggunakan fitur sinkronisasi file, dengan menggunakan Zotero File Storage atau WebDAV.

Zotero File Storage

Zotero File Storage merupakan opsi yang kami rekomendasikan dan memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan sinkronisasi WebDAV, termasuk di dalamnya adalah sinkronisasi file di dalam perpustakaan grup, akses berbasis-werb untuk lampiran file-tunggal seperti PDF, pengaturan yang lebih mudah, kompatibilitas yang tergaransi, dan perbaikan performansi upload untuk file-file tertentu. Setiap pengguna Zotero diberikan 100 MB Zotero File Storage gratis untuk file-file yang dilampirkan, dan rencana penyimpanan yang lebih besar telah tersedia untuk pembelian.

Lihatlah dokumentasi Zotero File Storage untuk informasi lebih lanjut.

WebDAV

WebDAV merupakan protokol standar untuk mentransfer file melalui web. Tempat kerja atau institusi penelitian Anda boleh jadi dapat menyiapkan layanan simpanan WebDAV ini. Di samping itu, terdapat banyak opsi pihak ketiga yang dapat digunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar (Apple iDisk, JungleDisk, BingoDisk).

Ketika Anda telah memiliki info akun WebDAV Anda, masukkanlah URL yang disediakan layanan, username, dan password Anda di tab preferensi Sync. Tentukan apakah Anda ingin menggunakan layanan secure WebDAV (https) atau tidak. Jika Anda tidak tahu menahu tentang hal itu, Anda dapat mencoba kedua opsi yang tersedia, meski penyedia layanan Anda seharusnya dapat menjelaskannya pada Anda. Setelah Anda selesai memasukkan informasi, klik “Verify Server”. Jika Zotero telah sukses memverifikasi akun WebDAV Anda, Anda tinggal menyetel sinkronisasi file via WebDAV.

Mempraktikkan Sinkronisasi

Jika Zotero diatur untuk melakukan sinkronisasi secara automatis, perubahan apa pun yang terjadi akan disinkronisasikan dalam beberapa detik. Selain itu, Anda dapat melakukan sinkronisasi secara manual dengan cara mengklik tombol sinkronisasi yang terletak pada sisi kanan toolbar Zotero.

Jika Anda memasukkan informasi login yang sama ke dalam preferensi Sync pada berbagai komputer, Zotero akan mensinkronisasikan segala yang terdapat dalam perpustakaan Anda dengan jelas. Anda hanya perlu memperhatikan jika terjadi suatu kondisi ketika item atau file yang sama diedit pada dua tempat yang berbeda sebelum Zotero sempat mensinkronisasikannya. Pada kasus ini, Anda akan dihadapkan dengan sebuah jendela resolusi konflik, yang menanyakan pada Anda, perubahan mana yang akan Anda terima.

Jika Anda melakukan sinkronisasi hanya dari satu komputer, Anda tetap dapat melihat perpustakaan daring Anda di zotero.org dari komputer mana pun. Jika terjadi sesuatu pada komputer Anda atau Anda ingin memulai Zotero pada komputer yang lain, cukup setel info akun Anda pada komputer baru tersebut. Zotero akan memasukkan keseluruhan perpustakaan Anda ke dalam kompouter baru tersebut dari server.

Solusi Sinkronisasi Alternatif

Jika, untuk alasan apapun, Anda tidak dapat menggunakan fitur sinkronisasi Zotero, Anda dapat memilih beberapa solusi sinkronisasi alternatif, seperti menjalankan Zotero dari Firefox Portabel atau mesinkronisasikan data Zotero Anda menggunakan folder jaringan, layanan sinkronisasi folder, atau aplikasi seperti rsync. Perlu diperhatikan bahwa tidak ada satu pun dari solusi-solusi ini yang direkomendasikan atau didukung oleh Zotero. Sementara menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mensinkronisasikan subdirektori 'storage' pada direktori data Zotero Anda secara umum aman, mesinkronisasikan keseluruhan direktori data Zotero Anda, termasuk database SQLite utama, dengan aplikasi pihak ketiga yang terautomasi, sangat mungkin merusaknya. Bila Anda menggunakan salah satu pilihan ini, pastikan Anda melakukan back up terhadap data Zotero Anda secara rutin.

id/sync.txt · Last modified: 2017/11/12 19:53 (external edit)