Translations of this page:

We’re in the process of updating the documentation for Zotero 5.0. Some documentation may be outdated in the meantime. Thanks for your understanding.

Catatan: Saat ini Zotero Standalone membuka laporan pada sebuah jendela tanpa address bar dan menu klik-kanan, yang berarti beberapa fitur pada laman ini tidak dapat digunakan.

Laporan

Laporan adalah laman HMTL sederhana yang menampilkan ringkasan metadata item, catatan, dan lampiran dari item-item terpilih. Anda dapat mencetaknya, memposkannya ke web, atau meng-email-kannya.

Menyusun Laporan

Untuk membuat sebuah laporan, klik-kanan (klik-kontrol pada OS X) pada satu atau beberapa item pada kolom tengah, lalu pilihlah “Generate Report from Selected Item(s)…”. Anda juga dapat mengklik-kanan sebuah koleksi pada kolom kiri lalu memilih “Generate Report from Collection”.

Mengatur Laporan

Laporan menampilkan seluruh isian (field) metadata untuk masing-masing item. Jika Anda ingin menghapus beberapa di antaranya, cobalah gunakan Zotero Report Customizer yang dibuat oleh Jason Priem..

Urutan Penyusunan

Secara default, laporan mengurutkan item-item secara alfabetis berdasarkan judulnya, dalam urutan bersifat yang ascending. Anda dapat mengubah hal tersebut dengan menambahkan “?sort=” ke dalam URL laporan, diikuti dengan isian item tertentu yang ingin Anda jadikan sebagai dasar pengurutan. Gunakanlah tanda baca koma untuk memisahkan antara isian-isian yang berbeda. Untuk menggunakan urutan secara descending, tambahkanlah “/d” setelah nama isian. Sebagai contohnya, URL dari sebuah laporan yang diurutkan pertama kali oleh judul secara ascending, kemudian oleh tanggal secara descending, akan tampak seperti berikut:

zotero://report/items/0_KKZSDPI2/html/report.html?sort=title,date/d

Anda dapat megurutkan isian-isian berikut ini:

?sort=title?sort=firstCreator
?sort=date ?sort=accessed
?sort=dateAdded ?sort=dateModified
?sort=publicationTitle ?sort=publisher
?sort=itemType ?sort=series
?sort=type ?sort=medium
?sort=callNumber ?sort=pages
?sort=archiveLocation ?sort=DOI
?sort=ISBN ?sort=ISSN
?sort=edition ?sort=url
?sort=rights

Ketika sebuah laporan disusun dari sebuah koleksi (bukan dari item-item yang dipilih pada kolom tengah), Zotero secara default mengurutkan item-item tersebut sesuai dengan urutan mereka pada kolom tengah.

Berbagi Laporan

Dengan Zotero for Firefox, laporan dapat disimpan dengan cara memilih “Save Page As…” pada menu File Firefox, dan mencetaknya dengan cara memilih File –> “Print…”. Dengan Zotero Standalone, yang laporannya dibuka pada jendela tanpa address bar dan menu klik-kanan, shortcut papan ketik berikut ini dapat digunakan: Ctrl + S untuk menyimpan (Command + S pada OS X), Ctrl + P untuk mencetak (Command + P pada OS X).

Kegunaan Laporan

Mencari Catatan

Meski Anda dapat mencari konten teks sebuah catatan dengan menggunakan fungsi pencarian dasar dan lanjutan Zotero, Anda mungkin akan mendapati bahwa laporan lebih nyaman dibandingkan dengan keduanya, karena laporan mencakup teks utuh dari catatan tersebut.

Caranya, buatlah sebuah laporan dari item-item yang ingin Anda cari. Setelah itu, pilihlah Edit –> “Find” pada Firefox dan gunakanlah kotak pencarian (pada bagian bawah jendela peramban Anda) untuk mencari apa yang Anda inginkan pada laporan tersebut.

Mengorganisasikan Catatan ke dalam Outline

Walaupun Zotero tidak dirancang sebagai alat untuk membuat outline, Anda dapat menyusun outline dari catatan yang Anda buat. Secara default, laporan menampilkan catatan-catatan anak bersamaan dengan item induk mereka. Untuk memasukkan catatan-catatan anak tersebut pada outline dan memisahkannya dari item induk mereka, ubahlah preferensi tersembunyi “extensions.zotero.report.combineChildItems” menjadi “false”.

Setelah itu, untuk menyusun outline, tambahkanlah nomor outline pada permulaan masing-masing catatan yang ingin Anda masukkan, misalnya, 1.1, 1.2, dan 2.1. Pilih catatan-catatan tersebut, klik-kanan (klik-kontrol pada OS X), lalu pilihlah “Generate Report from Selected Items…” dari menu.

*Catatan*: Karena 10.0 akan diurutkan sebelum 6.0, pastikan Anda memberi angka zero (0) dengan jumlah yang tepat (misalnya, 06.0) jika outline Anda terdiri dari 10 atau lebih bagian.

Jika Anda bekerja dengan catatan dalam jumlah besar dan tidak ingin menambahkan masing-masingnya satu per satu secara manual, fungsi tag dan pencarian lanjutan dapat membuat hal tersebut lebih mudah. Pertama-tama, berikanlah tag pada setiap catatan dengan sebuah deskripsi, seperti “bab pertama”. Setelah itu, lakukanlah pencarian lanjutan untuk “item type” [is] “note” dan “tag” [is] “bab pertama”. Simpanlah pencarian lanjutan tersebut. Setelah tersimpan, lakukanlah klik-kanan, dan pilihlah “Generate Report from Saved Search…”. Prosedur ini akan menyusun sebuah laporan yang hanya mengandung catatan yang memiliki tag “bab pertama”.

Proses Pengajaran

Laporan juga dapat digunakan dalam proses pengajaran untuk merekam dan menilai siswa selama proses mengumpulkan informasi dan penulisan. Laporan menujukkan kapan item-item dikoleksi, bagaimana siswa mengasosiasikan item-item mereka dengan catatan dan tag, dan bagaimana siswa menghubungkan satu item dengan item lainnya pada penelitian mereka. Laporan juga dapat menjadi alat yang berguna untuk berbagi dan menguatkan proses komposisi.