Translations of this page:

We're in the process of updating the documentation for Zotero 5.0. Some documentation may be outdated in the meantime. Thanks for your understanding.

Menambahkan Item ke dalam Perpustakaan Zotero Anda

Laman ini mendeskripsikan berbagai cara bagaimana Anda dapat menyimpan informasi bibliografik (misalnya, buku, artikel jurnal, dan laman web) sebagai item dalam Zotero. Sementara itu, untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana menyimpan file (seperti PDF atau gambar), dan melampirkan file tersebut ke dalam item, lihat laman file.

Translator Web

Salah satu fitur paling menyenangkan dari Zotero adalah kemampuannya untuk menemukan informasi bibliografik pada laman web yang Anda kunjungi. Sebagai contohnya, ketika Anda sedang menelusuri dokumen sebuah buku di katolog perpustakaan online, Zotero seringkali akan menampilkan logo buku pada address bar peramban Anda (lihat logo yang dillingkari merah):

Ketika Anda mengklik logo buku tersebut, Zotero akan menyimpan semua informasi bibliografik tentang buku tersebut ke dalam perpustakaan Anda, ke dalam sebuah item “Book” yang baru. Pada beberapa laman web yang manampikan daftar informasi tentang item yang berjumlah banyak (misalnya, daftar hasil pencarian Google Scholar), Zotero akan menampilkan logo folder. Mengklik logo tersebut akan membawa Anda pada jendela tempat memilih item-item apa saja yang ingin Anda simpan ke dalam perpustakaan Anda:

Jika sebelumnya Anda telah memilih sebuah koleksi pada kolom kiri jendela Zotero, item-item yang Anda pilih tadi akan tersimpan ke dalam koleksi tersebut.

Bisa tidaknya Zotero mengenali informasi bibliografik pada sebuah laman web bergantung pada laman web itu sendiri. Beberapa website menggunakan cara standar untuk menyediakan data bagi Zotero (dengan metode embedded metadata). Untuk situs lainnya, Zotero bergantung pada translator yang spesifik-situs. Zotero bekerja pada sebagian besar katalog perpustakaan, banyak website popular seperti Amazon.com dan NYTimes.com, dan banyak database dan website dari penerbit ilimiah. Cukup perhatikan ada atau tidak adanya logo di address bar peramban Anda (untuk informasi lebih lanjut, lihat daftar web yang kompatibel dengan Zotero). Secara default, bila ada pembaruan pada translator maka akan ter-install secara automatis.

Menambahkan Item dengan Pengenal (Identifier)

Anda dapat menambahkan item dengan cepat ke dalam perpustakaan jika Anda telah mengetahui ISBN, DOI (Digital Object Identifier), atau PubMed IDs item tersebut. Untuk menambahkan item dengan salah satu dari pengenal tersebut, klik tombol “Add Item by Identifier” () yang terletak pada bagian atas kolom tengah jendela Zotero, ketikkan atau salin nomor pengenalnya, dan tekan Enter.

Zotero menggunakan database berikut untuk menelusuri metadata sebuah item:WorldCat untuk ISBN, CrossRef untuk DOI, and NCBI PubMed untuk PubMed ID.

Menyimpan Laman Web

Dengan menggunakan Zotero untuk Firefox, Anda dapat membuat sebuah item dari laman web yang sedang Anda kunjungi, baik dengan mengklik tombol “Create New Item from Current Page” () yang terletak pada bagian atas jendela Zotero, atau dengan mengklik kanan laman web tersebut, lalu pilih menu “Zotero” → “Create New Item from Current Page”.

Jika menu “Automatically take snapshots when creating items from web pages” telah dibolehkan dalam tab ”General” dari “Zotero preferences”, salinan (atau snapshot) laman web tersebut akan disimpan di komputer Anda dan ditambahkan sebagai item anak (lihat gambar di bawah). Untuk melihat salinan yang tersimpan tersebut pada peramban, lakukan klik-ganda.

Menahan tombol Shift keyboard Anda ketika mengklik tombol “Create New Item from Current Page” akan mengacuhkan pengaturan snapshot secara sementara, sehingga Anda dapat membuat sebuah item dari laman web tanpa snapshot, meski dalam “preferences' telah dibolehkan, atau sebaliknya.

Dengan Zotero Standalone, Anda dapat membuat sebuah item dengan snaphot dari laman web yang sedang Anda kunjungi dengan cara mengklik kanan laman tersebut dan lalu memilih “Save Zotero Snapshot from Current Page”.

Mengklik-ganda sebuah item berupa laman web tanpa snapshot pada perpustakaan Anda akan membawa Anda pada laman web aslinya. Sebaliknya, mengklik-ganda sebuah item berupa laman web yang memiliki snapshot akan menampilkan snapshot tersebut. Anda tetap bisa mengunjungi laman asli web tersebut dengan mengklik label “URL:” yang terletak di kolom kanan Zotero.

Anotasi

Snapshot dapat pula dianotasikan, tetapi fitur ini sudah tidak lagi dipelihara dan didukung oleh Zotero, dan anotasi tidak akan disinkronisasikan ke komputer lainnya.

Mengimpor Perpustakaan dari Aplikasi Lain

Anda mungkin ingin bermigrasi ke Zotero, tetapi telah memiliki perpustakaan ekstensif yang tersimpan di piranti lunak pengatur referensi lainnya. Untuk mengimpor perpustakaan tersebut ke dalam Zotero, mulai dengan dengan cara mengekspornya dari program piranti lunak yang sebelumnya Anda pakai tersebut. Setelah itu, klik logo roda gigi dan pilih “Import …”. Cari file Anda, piliih, dan klik tombol “Open”. Hal ini akan mengimpor item-item ke dalam perpustakaan Zotero dalam koleksi yang dibubuhi-tanggal.

Untuk instruksi detail bagaimana beralih dari Endnote ke Zotero, lihat Mengimpor Dokumen dari Endnote.

Zotero dapat mengimpor format file bibliografik berikut ini:

  • Zotero RDF
  • MODS (Metadata Object Description Schema)
  • BibTeX
  • RIS
  • Refer/BibIX
  • Unqualified Dublin Core RDF

Perhatikan bahwa fitur ekspor/impor secara umum tidak direkomendasikan untuk mentransfer keseluruhan perpustakaan Zotero Anda antar instalasi yang berbeda. Impor/ekspor biasanya tidak akan memberikan Anda salinan seutuhnya dari perpustakaan Zotero Anda, dan jika Anda menggunakan plugin pengolah kata Zotero, semua tautan kepada item Zotero dari dokumen pengolah kata tersebut akan hilang. Solusinya, Anda dapat menggunakan fitur sinkronisasi Zotero atau menyalin secara manual direktori data Zotero Anda.

Menambahkan dan Menyunting Item secara Manual

Menambahkan Item secara Manual

Untuk menambahkan item secara manual ke perpustakaan Zotero Anda, klik tombol hijau “New Item” () yang terletak di bagian atas kolom tengah Zotero, lalu pilih jenis item yang diinginkan dari menu drop-down (level atas menu tsb menunjukkan jenis item yang baru saja dibuat; daftar lengkap jenis-jenis item, kecuali “Web Page”, dapat ditemukan di bawah “More”). Sebuah item kosong telah Anda pilih akan muncul di kolom tengah Zotero. Anda kemudian dapat menambahkan informasi bibliografik secara manual melalui kolom kanan Zotero.

Catatan: Ketika Anda ingin membuat sebuah item dari sebuah laman web, biasanya paling mudah jika Anda mengunjungi laman tersebut dengan peramban Anda, kemudian menyimpannya ke Zotero (lihat Menyimpan Laman Web). Karena alasan tersebut, developer Zotero menghapus jenis item “Web Page” dari menu “New Item”. Kendati demikian, Anda tetap dapat membuat item “Web Page” kosong dengan cara membuat sebuah item kosong dengan jenis yang lain, lalu kemudian menggantinya dengan jenis “Web Page” melalui kolom kanan jendela Zotero.

Menyunting Item

Ketika Anda telah memilih sebuah item pada kolom tengah jendela Zotero, Anda dapat melihat dan menyunting informasi bibliografik di dalamnya melalui tab “Info” yang terletak pada kolom kanan jendela Zotero. Sebagian besar isian dapat Anda klik dan sunting. Perubahan disimpan secara automatis. Beberapa isian memiliki fitur-fitur spesial, dan didiskusikan di bawah ini.

Nama

Masing-masing item dapat memiliki nol atau lebih penyusun (creator), dari berbagai macam, seperti pengarang, editor, dan sebagainya. Untuk mengubah jenis penyusun, klik label isian penyusun (misalnya, “Author”). Penyusun dapat dihapus dengan cara mengklik tombol minus yang terletak pada bagian ujung isian penyusun, dan isian penyusun lainnya dapat ditambahkan dengan mengklik tombol plus yang terletak pada bagian ujung isian penyusun yang paling akhir. Daftar penyusun dapat disatur ulang dengan cara mengklik label penyusun, lalu pilih “Move Up” atau “Move Down”.

Masing-masing isian dapat diatur antara model tunggal atau ganda, dengan cara mengklik tombol “Switch to single field” / “Switch to two fields” yang terletak pada bagian ujung isian penyusun. Model isian tunggal digunakan untuk nama institusi (misalnya, ketika penyusunnya adalah “Perusahaan A”), sementara model isian ganda (nama akhir, nama awal) digunakan untuk nama-nama personal.

Singkatan Jurnal

Artikel jurnal seringkali dikutip dengan nama jurnal yang disingkat. Zotero menyimpan nama jurnal dan singkatannya dalam isian yang berbeda (yakni masing-masing dalam “Publikasi” dan “Journal Abbr”). Ketika beberapa gaya sitasi membutuhkan singkatan yang berbeda, sebagian besar variasinya adalah apakah singkatan tersebut mengandung tanda baca titik atau tidak (misalnya, “PLoS Biol” atau “PLoS Biol.”). Disebabkan menghapus tanda baca titik lebih akurat dibandingkan dengan menambahkannya, kami menyarankan Anda menyimpan singkatan jurnal dalam perpustakaan dengan menggunakan tanda titik. Zotero dapat dengan tepat menghapus tanda baca titik tersebut dalam bibliografi yang gaya sitasinya membutuhkan hal tersebut.

Judul

Dalam bahasa Inggris, judul secara tipikal dapat berbentuk “title case” atau “sentence case” (untuk perbedaannya, lihat http://blog.apastyle.org/apastyle/2012/03/title-case-and-sentence-case-capitalization-in-apa-style.html ). Karena masing-masing gaya sitasi memiliki perbedaan dalam hal tersebut, dan karena konversi secara automatis dari sentence case ke title case jauh lebih akurat daripada cara lainnya, kami menyarankan agar Anda menyimpan judul dalam perpustakaan Anda dalam bentuk sentence case. Zotero dapat dengan tepat mengubah judul menjadi title case dalam bibiliografi ketika gaya sitasi yang Anda pilih memerlukannya.

Untuk membantu Anda dalam mengubahnya, isian judul (yakni, “Title”, “Publication”, “Series Title”, “Short Title” untuk jenis item “Journal Article”) dapat diklik kanan. Klik kanan pada isian-isian tersebut akan menunjukkan menu “Transform Text” dengan pilihan ubahan baik menjadi “Title Case” maupun “Sentence Case”. Judul yang telah ditransformasi tersebut harus selalu Anda cek kembali, untuk memastikan tidak terjadi kesalahan kapitalisasi.

Tautan

Mengklik label URL (“URL:”) dan DOI (“DOI:”) akan membuka alamat yang terdapat di dalam isian label tersebut pada peramban Anda.