Translations of this page:

We’re in the process of updating the documentation for Zotero 5.0. Some documentation may be outdated in the meantime. Thanks for your understanding.

Koleksi dan Tag

Item-item dalam perpustakaan Zotero dapat diatur sedemikian rupa dengan menggunakan koleksi dan tag. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa koleksi dapat diatur secara hirarki, sedangkan tag bersifat sedikit lebih portabel (misalnya, menyalin sebuah item dari satu perpustakaan ke perpustakaan lainnya akan ikut menyalin tag yang terdapat pada item tersebut, namun tidak dengan koleksi). Kami menyarankan agar Anda mencoba sendiri kedua fitur tersebut untuk mengetahui opsi mana yang terbaik bagi Anda.

Screencast
Koleksi
Tag Kotak Penyeleksi Tag

Koleksi

Membuat Koleksi

Klik tombol “New Collection…” yang terletak pada bagian atas kolom kiri (atau klik-kanan pada “My Library” dan pilihlah “New Collection…”), lalu berikan nama untuk koleksi baru tersebut. Koleksi baru akan tampak dalam sebuah folder di dalam “My Library”. Subkoleksi dapat dibuat dengan cara men-drag & drop sebuah koleksi ke dalam koleksi yang lain, atau cara lainnya adalah dengan mengklik-kanan koleksi yang telah ada, lalu memilih “New Subcollection…”.

Menambahkan Item ke dalam Koleksi

Untuk menempatkan item ke dalam sebuah koleksi, pilihlah item pada kolom tengah, lalu drag & drop-kan item tersebut ke dalam sebuah koleksi. Bila setelah ini Anda membuat item-item baru, item-item tersebut secara automatis akan disimpan ke dalam koleksi yang Anda pilih tadi.

Penting untuk diketahui bahwa sebuah item dapat ditempatkan pada banyak koleksi, dan melakukan hal ini tidak akan menduplikasi item tersebut. Oleh karena itu, fitur koleksi lebih mirip seperti playlist iTunes dibandingkan dengan folder fisik. Ketika Anda memilih sebuah koleksi dengan cara mengkliknya, kolom tengah akan menampilkan item-item yang terdapat dalam koleksi tersebut. Memilih “My Library” akan menunjukkan semua item yang Anda miliki.

Secara default, item-item yang ditambahkan ke dalam subkoleksi tidak akan muncul secara automatis di dalam koleksi induk. Ini bisa diubah dengan (preferensi tersembunyi) ''recurciveCollections''..

Menamai Ulang Koleksi

Klik-kanan pada sebuah koleksi (klik-kontrol pada OS X) dan pilih “Rename Collection…”, lalu berikan nama baru sesuai yang Anda inginkan.

Membuang Koleksi

Klik-kanan pada koleksi yang ingin Anda buang (klik-kontrol pada OS X) dan pilih “Remove Collection…”. Membuang koleksi tidak akan menghapus item-item yang terkandung di dalam koleksi tersebut.

Membuang Item dari Koleksi

Pilihlah item di kolom tengah dan tekan tombol Delete (Backspace pada OS X). Anda juga dapat menglik-kanan item terpilih (klik-kontrol pada OS X) dan pilih “Remove Selected Item[s]”. Prosedur ini hanya akan membuang item dari koleksi yang telah dipilih, bukan dari “My Library” atau koleksi-koleksi lainnya.

Perhatikan bahwa ketika Anda memilih “My Library” pada kolom kiri, menekan tombol Delete (Backspace pada OS X) pada item terpilih akan menghapusnya. Item yang terhapus tersebut akan dipindahkan ke dalam Trash, dan dibuang dari semua koleksi yang Anda milik.

Menghapus Item di dalam Koleksi

Ketika sebuah koleksi telah dipilih, Anda dapat menghapus item yang terdapat di dalamnya dengan cara menekan Ctrl-Delete (Cmd-Delete/Backspace pada OS X). Cara lainnya, klik-kanan (klik-kontrol pada Mac) item-item terpilih lalu pilih “Delete Selected Item[s] From Library…”.

Mengidentifikasi Sebuah Item ada di dalam Koleksi Mana Saja

Untuk melihat sebuah item ada di dalam koleksi mana saja, pilihlah item dan kemudian tahan tombol Option (OS X), Control (Windows) atau Alt (Linux). Prosedur ini akan memberi tanda pada semua koleksi yang mengandung item tersebut.

Item-Item yang Tidak Terisi (Unfilled Items)

Item-item yang tidak berada dalam koleksi mana pun dapat ditemukan pada folder “Unfiled Items” yang berada pada bagian bawah “My Library”. Folder ini juga dapat dipilih dengan cara mengklik-kanan (klik-kontrol pada OS X) “My Library”, lalu memilih “Show Unfilled Items”.

Tag

Selektor Tag

Kotak selektor tag berada pada bagian bawah kolom kiri. Kotak tersebut memperlihatkan semua tag yang telah dilampirkan pada item-item di kolom tengah (untuk menunjukkan semua tag yang terdapat dalam perpustakaan, klik tombol warna-warni, lalu pilih “Display All Tags in This Library”). Ketika Anda memilih satu atau lebih tag di kotak tersebut, maka kolom tengah hanya akan menunjukkan item-item yang mengandung tag tersebut. Mengklik tag sekali lagi akan membalikkan keadaan seperti semula. Untuk menghilangkan pilihan pada semua tag sekaligus, klik tombol warna-warni dan pilih “Deselect All”.

Kotak fillter pada bagian bawah kotak penyeleksi tag dapat digunakan untuk mencari tag. Hanya tag yang mengandung string yang diketikkan pada kotak filter yang akan ditampilkan.

Kotak selektor tag juga berfungsi untuk menamai ulang tag dan menghapusnya secara umum. Untuk menamai ulang sebuah tag pada semua item, klik-kanan tag tersebut (klik-kontrol pada OS X) dan pilihlah “Rename Tag…”. Untuk menghapus sebuah tag dari semua item, klik-kanan tag dan pilihlah “Delete Tag…”. Untuk melampirkan tag pada banyak item secara sekaligus, drag sekumpulan item pada kolom tengah ke dalam kotak selektor tag.

Menambahkan Tag secara Manual

Untuk menambahkan tag secara manual, pilihlah sebuah item pada kolom tengah. Kemudian pilih tab “Tags” di kolom kanan dan klik tombol “Add”. Namai tag sesuai yang Anda inginkan lalu tekan Enter. Anda dapat menamai ulang tag dengan cara mengklik tag tersebut, atau menghapusnya dengan cara menekan tombol minus. Tag yang telah Anda tambahkan tersebut juga akan tampak pada kotak selektor tag di kolom kiri.

Tag Automatis

Ketika sebuah item disimpan ke dalam perpustakaan Zotero melalui translator web, kadang-kadang tag dilampirkan secara automatis. Contohnya, katalog perpustakaan OPAC menyediakan subject headings dalam catatan mereka, dan disimpan sebagai tag Zotero. Tag automatis memiliki karakteristik yang sama dengan tag yang ditambahkan secara manual.

Tag automatis dapat disembunyikan dari kotak selektor tag dengan cara mengklik tombol warna-warni di sebelah kanan isian Filter kotak selektor, lalu hilangkan tanda checklist pada “Show Automatic”. Untuk mencegah Zotero menambahkan tag automatis, hilangkan opsi “Automatically tag items with keywords and subject headings” pada tab “General” dari Zotero preferences.