Table of Contents

We’re in the process of updating the documentation for Zotero 5.0. Some documentation may be outdated in the meantime. Thanks for your understanding.

Zotero [baca: zoh-TAIR-oh] merupakan tool yang gratis, mudah-untuk-digunakan, untuk membantu Anda mengoleksi, mengorganisasi, mengutip, dan membagi berbagai sumber penelitian Anda. Zotero berada tepat di mana Anda melakukan kerja Anda—di dalam peramban web itu sendiri.

Baca hal-hal berikut ini sebagai pendahuluan untuk mengenal beragam fitur dan kapabilitas Zotero.

Tur Video

Zotero screencast

Dasar-dasar

Apakah Zotero?

Sebelum mempelajari apa yang dapat Zotero lakukan, penting untuk diketahui mengenai Zotero itu sendiri. Zotero merupakan ekstensi untuk peramban-web Firefox. Zotero berjalan di dalam sebuah jendela di dalam Firefox, terpisah dari halaman web.



Bagaimana saya meng-install-nya?

Zotero dapat di-install dengan mengunjungi zotero.org, dengan mengklik tombol “Download” pada laman tersebut, dan pilih versi Zotero yang ingin Anda install.

Bagaimana saya membuka Zotero?

Klik logo Zotero pada pojok kanan bawah jendela Firefox Anda untuk membuka library Zotero. Akan tampak sebuah jendela yang berisi semua referensi, koleksi, dan catatan Anda. Anda dapat menutup Zotero dengan mengklik ikon X pada kanan atas jendela Zotero atau dengan mengklik kembali logo Zotero kembali. Jendela Zotero tidak harus terbuka ketika Anda melakukan “penyimpanan cepat” pada materi yang ingin Anda tambahkan pada koleksi penelitian Anda.

Apakah yang Zotero dapat lakukan?

Zotero, pada level paling dasarnya, adalah sebuah citation manager. Aplikasi ini dirancang untuk menyimpan, mengatur, dan mengutip referensi bibliografik, seperti buku dan artikel. Pada Zotero, masing-masing referensi ini menyusun sebuah item.



Apa saja jenis item yang ada?

Setiap item mengandung metadata yang berbeda, bergantung pada jenis item itu sendiri. Item dapat berupa buku, artikel, dokumen, sampai laman web, artwork, film, rekaman suara, bukti tagihan, kasus, statuta, dan lain sebagainya.



Apa yang dapat saya lakukan dengan item-item tersebut?

Item-item tersebut mucul pada kolom tengah jendela Zotero. Metadata untuk setiap item terdapat pada kolom kanan. Metadata yang dimaksud mencakup judul, penyusun, penerbit, tanggal dan data lainnya yang dibutuhkan untuk mengutip item.



Mengorganisasi

Koleksi

Kolom kiri meliputi My Library, yang mengandung semua item yang Anda miliki. Mengklik tombol yang terdapat di atas kolom kiri akan membuat koleksi baru, yakni sebuah folder tempat meletakkan item-item yang terkait dengan proyek atau topik spesifik tertentu. Koleksi dapat juga mengandung sub-koleksi. Item-item yang terdapat pada koleksi adalah alias, bukan duplikat.



Tag

Setiap item dapat diberikan tag. Tag tersebut diberi nama sesuai kebutuhan pengguna sendiri. Sebuah item dapat diberikan sebanyak mungkin tag yang dibutuhkan. Tag ditambahkan atau dihapus dengan ''tag selector” yang terdapat pada bagian bawah kolom kiri atau melalui tab “Tags” pada kolom kanan.



Pencarian

Pencarian cepat akan menunjukkan item-item yang metadata, tag, atau kontennya mencocoki istilah-istilah yang ditulis dalam kotak pencarian dan dilakukan dari toolbar Zotero. Mengklik logo kaca pembesar pada bagian kiri kotak pencarian akan membuka jendela “Advanced Search”, yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian dengan lebih kompleks atau terbatas.



Hasil Pencarian yang Tersimpan

Hasil pencarian pada Advanced searches dapat disimpan pada kolom kiri. Hasil pencarian ini serupa dengan koleksi lainnya, tetapi akan diperbarui secara automatis dengan item-item yang mencocoki pencarian.



Mengoleksi

Lampiran

Setiap item dapat memiliki beragam catatan, file, atau link untuk dilampirkan. Lampiran ini tampak pada kolom tengah, tepat di bawah item induknya. Daftar lampiran dapat ditunjukkan atau disembunyikan dengan mengklik tanda panah atau plus yang berada di samping item induk.



Catatan

Catatan berjenis rich-text dapat dilampirkan pada setiap item melalui tab “Notes” yang terdapat pada kolom kanan. Catatan-catatan tersebut dapat diedit pada kolom kanan atau pada jendela tersendiri. Klik tombol “New Standalone Note” pada toolbar untuk membuat catatan tanpa melampirkannya pada sebuah item.



File

Semua jenis file dapat dilampirkan pada item. Item-item seperti artikel PDF atau gambar-gambar dapat dibuka di jendela Firefox, sementara jenis file lainnya dapat dibuka melalui program eksternal. Lampirkan file melalui tab “Attachments” pada kolom kanan, melalui tombol “New Item” pada toolbar Zotero, atau melalui metode drag-and-drop.



Laman web dapat dilampirkan pada setiap item sebagai tautan atau sebagai snaphot. Tautan akan membuka laman web secara online, sedangkan snapshot merupakan kopian laman web yang tersimpan secara lokal. Snapshot dapat dibuka tanpa membutuhkan koneksi internet.



”Menangkap” (Capturing) Item

Disebabkan Zotero berjalan di dalam Firefox, maka menjadi hal yang mudah untuk membuat item baru dari informasi yang terdapat pada internet. Jika logo capture muncul pada address bar, Zotero dapat membuat item secara automatis dengan jenis yang tepat dan memetakan metadatanya. Jika artikel PDF full-text-nya juga tersedia, ia akan secara automatis dilampirkan pada item tersebut.



Menangkap Item Tunggal dan Multipel

Jika logo capture adalah sebuah buku, artikel, gambar, atau item tunggal lainnya, mengklik logo tersebut akan menambahkan item pada koleksi Zotero. Jika logonya adalah sebuah folder, berarti laman web tersebut mengandung item dengan jumlah banyak. Mengklik logo tersebut akan membuka kotak dialog untuk menentukan item mana saja yang akan dipilih dan disimpan dalam Zotero.



Translator

Zotero menggunakan modul yang dinamakan dengan translator untuk mencerna informasi yang terdapat pada web. Translator tersebut ada yang bersifat generik, bekerja pada banyak situs, dan translator yang ditulis untuk satu situs tertentu. Jika situs yang Anda gunakan belum memiliki translator, silakan mengajukan permintaan pada forum Zotero.



Menyimpan Laman Web

Mengklik tombol “Create New Item from Current Page” pada toolbar Zotero akan membuat item dengan jenis Web Page dan menyimpan laman tersebut sebagai snapshot yang terlampir. Ini akan menyimpan laman sebagai sebuah item, bukan sumber bibliografi tertentu.

Menambahkan Item dengan Identifier

Zotero dapat menambahkan item secara automatis menggunakan nomor ISBN, DOI (Digital Object Identifier), atau PUBMED ID. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengklik tombol “Add Item by Identifier” pada toolbar Zotero, lalu mengetik nomor ID dan mengklik OK.



Menambahkan Item secara Manual

Item dapat ditambahkan secara manual dengan mengklik tombol “New Item” pada toolbar Zotero, kemudian pilih jenis item yang sesuai. Metadata dapat ditambahkan kemudian pada kolom kanan. Terlepas dari versatilitasnya, metode ini berguna untuk menambahkan dokumen-dokumen primer.



Mengutip (Cite)

Mengutip Item

Zotero menggunakan CSL (Citation Style Language) untuk memformat kutipan (sitasi) secara tepat pada beragam style bibliografik. Zotero dapat digunakan untuk semua jenis style utama (Chicago, MLA, APA, Vancouver, etc.), sebagaimana juga banyak style spesifik-jurnal lainnya.



Integrasi dengan Aplikasi Pengolah Kata

Plugin Zotero's Word dan OpenOffice membuat pengguna dapat memasukkan kutipan secara langsung dari aplikasi pengolah kata yang mereka miliki. Hal ini membuat prosedur mengutip berbagai laman, sumber, atau bahkan mengustomisasi sitasi menjadi sangat mudah dan cepat. Sitasi in-text, catatan kaki, dan endnote dapat dilakukan oleh Zotero.



Bibliografi Automatis

Menggunakan plugin pengolah kata membuat mungkin untuk mengubah style sitasi untuk dokumen keseluruhan dengan hanya satu prosedur, atau membuat bibliografi secara automatis dari item yang dikutip.



Bibliografi Manual

Zotero dapat memasukkan sitasi dan bibiliografi ke dalam program atau field teks jenis apapun. Cukup dengan drag-and-drop item, menggunakan “Quick Copy” untuk mengirimkan sitasi ke dalam clipboard, atau mengekspornya lansung sebagai sebuah file.



Berkolaborasi

Sinkronisasi

Gunakan Zotero pada banyak komputer dengan menggunakan fitur sinkronisasi. Item-item yang terdapat pada library disinkronisasikan melalui server Zotero, sementara layanan WebDAV digunakan untuk mensinkronisasikan file seperti PDF, gambar, atau audio/video.



Server Zotero

Item-item yang disinkronisasikan ke server Zotero dapat diakses secara online melalui akun zotero.org anda. Berbagilah library Anda kepada orang lain atau buatlah C.V. dari item-item yang terpilih.



Pengguna Zotero dapat membuat grup kolaboratif atau minat. Hal tersebut memungkinkan Anda dan teman-teman untuk mengatur sumber dan materi penelitian secara kolaboratif, baik secara online maupun melalui klien Zotero. Zotero.org dapat menjadi tali penghubung bagi semua penelitian, komunikasi, atau organisasi kelompok Anda.