Table of Contents

We’re in the process of updating the documentation for Zotero 5.0. Some documentation may be outdated in the meantime. Thanks for your understanding.

Grup merupakan sarana yang sangat berguna dalam berbagi koleksi di suatu kelas, untuk bekerja dengan sangat dekat dengan kolega Anda pada sebuah proyek, untuk menjaga catatan perbincangan Anda beserta kolega Anda di bidang Anda secara lebih luas, dan untuk menyimpan catatan-catatan yang sedang dikerjakan institusi atau departemen Anda.

Membentuk Grup

Terdapat dua cara untuk membentuk grup Zotero.

  1. Anda dapat mengklik logo New Group yang terletak di samping logo New Collection pada pojok kanan atas jendela Zotero.
  2. Anda juga dapat mengklik tombol Create New Group pada halaman depan grup.

Jenis-jenis Grup

Grup Privat

Grup Publik, Keanggotaan Tertutup

Publik, Keanggotaan Tertutup

Pengaturan Grup

Pengaturan Keanggotaan

Terdapat tiga jenis peranan pengguna di dalam grup: sebagai anggota reguler, administrator, atau pemilik grup. Administrator dapat mengubah status grup (menjadi publik atau privat), peranan anggota, dan pengaturan perpustakaan grup. Pemilik grup memiliki hak yang sama dengan administrator, namun selain itu dapat pula menghapus atau mentransfer kepemilikan grup kepada anggota grup lainnya.

Pengaturan Perpustakaan

Pembacaan Perpustakaan (Library Reading) (Siapa sajakah yang dapat melihat item-item di dalam perpustakaan grup?):


Penyuntingan Perpustakaan (Library Editing) (Siapa sajakah yang dapat menambahkan, mengedit, dan menghapus item-item dari perpustakaan grup?):

Berinteraksi dengan Grup melalui Klien Zotero

Jika Anda telah mengaktifkan fitur sinkronisasi data dan merupakan anggota sebuah grup yang memiliki perpustakaan yang terbuka (enabled library), perpustakaan grup tersebut akan tampak dalam kolom kiri jendela Zotero for Firefox atau Zotero Standalone. Item-item tambahan dapat dimasukkan ke dalamnya dari My Library Anda dengan cara men-drag-nya, dan dapat pula dilihat atau diedit oleh anggota grup yang lain bila memang telah dibolehkan. Untuk membuat subkoleksi, klik-kanan pada perpustakaan grup dan pilihlah ”New Subcollection”. Perhatikan bahwa perpustakaan grup terpisah seutuhnya dari My Library. Semua item yang dimasukkan ke dalamnya merupakan salinan yang terpisah, dan perubahan yang terjadi pada item tersebut tidak akan diaplikasikan pada salinan asli item tersebut sampai Anda men-drag-nya kembali ke dalam My Library.

Di bawah ini, Anda dapat melihat sebuah gambar dari beberapa grup yang mngandung subkoleksi.

Berinteraksi dengan Grup melalui Website

Setiap grup juga memiliki laman web tersendirinya. Untuk grup publik, laman ini berfungsi sebagai portal publik untuk kerja kolaboratif grup. Untuk grup privat, laman ini berfungsi sebagai sarana bagi anggota grup untuk berinteraksi dengan koleksi-koleksi yang terdapat di dalam grup tersebut dari manapun mereka berada.