Table of Contents

We’re in the process of updating the documentation for Zotero 5.0. Some documentation may be outdated in the meantime. Thanks for your understanding.

Deteksi Duplikat

Ketika Anda menambahkan item-item ke dalam perpustakaan, Anda mungkin memasukkan sebagian kecil item-item yang berduplikasi. Misalnya, Anda menyimpan dua item yang sama dari sebuah laman web, atau mengimpor item yang sebenarnya telah ada di dalam perpustakaan Anda. Untungnya, Zotero dapat membantu Anda mengidentifikasi item-item tersebut dan membuat pilihan pada Anda untuk menggabungnya.

Menemukan Duplikat

Mengklik koleksi “Duplicate Items” di dalam perpustakkan Anda, atau mengklik-kanan perpustakaan pada kolom kiri dan memilih “Show Duplicates”, akan menunjukkan item-item yang diperkirakan Zotero adalah duplikat pada kolom tengah.

Saat ini, Zotero menggunakan isian judul, DOI, dan ISBN, sebagai dasar untuk menentukan duplikat. Algoritma ini akan diperbaiki di masa mendatang, yakni dengan cara mengombinasikannya dengan isian-isian lainnya.

Menggabungkan Duplikat

Di dalam koleksi “Duplicate Items”, pilihlah sebuah item pada kolom tengah. Secara automatis Zotero akan memilih item-item lainnya yang diduga merupakan duplikat item tersebut. Klik tombol “Merge n Items” pada kolom kanan untuk menggabungkan item-item tersebut.

Anda juga dapat memilih dua atau lebih item dengan jenis yang sama, di mana pun lokasinya di perpustakaan Anda, lalu klik-kanan, dan pilih “Merge Items…” dari menu konteks.

Penggabungan item ini akan dikenali secara automatis oleh plugin pengolah kata dan tidak akan mempengaruhi sitasi dan bibliografi Anda yang tersusun secara automatis.