Table of Contents

We’re in the process of updating the documentation for Zotero 5.0. Some documentation may be outdated in the meantime. Thanks for your understanding.

Menambahkan File ke dalam Perpustakaan Zotero Anda

Di samping untuk mengatur metadata item, catatan, dan tag, Zotero dapat juga digunakan untuk mengatur file. Laman ini mendeskripsikan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menambahkan file ke dalam perpustakaan Zotero Anda, dan bagaimana file yang ditambahkan tersebut disimpan dan disinkronisasikan.

Salinan dan Tautan File

File dapat ditambahkan ke dalam perpustakaan Zotero Anda sebagai salinan atau tautan. Dengan menyalin, salinan file aslinya tersimpan di direktori data Zotero. Salinan file disinkronisasikan jika sinkronisasi file telah diatur sebelumnya. Sebaliknya, jika sebuah file ditautkan, Zotero hanya akan menyimpan tautan saja (yakni yang mengarah kepada lokasi file aslinya). File yang ditautkan tidak akan disinkronisasikan.

Menambahkan File

File dapat ditambahkan sebagai item tersendiri atau sebagai item anak dari item induknya.

Menambahkan File Melalui Peramban

Zotero dapat secara automatis menyimpan snapshot dan PDF terkait dari sebuah laman web jika Anda menggunakan translator situs (apakah snapshot dan PDF tersebut ingin Anda simpan dapat diubah pada “Preferences” Zotero). Snapshot dan PDF tersebut disimpan sebagai salinan di direktori data Zotero, dan tampak sebagai item anak dari item yang tersimpan.

Dengan Zotero untuk Firefox, pada Anda dapat mengklik-kanan sebuah tautan yang mengarah ke sebuah file pada peramaban (misalnya, ke sebuah file PDF), dan lalu pilih “Zotero” > “Save Link as Zotero Item”. Ini akan menyimpan salinan file tersebut ke dalam perpustakaan Anda sebagai item tersendiri. Anda juga dapat mengklik-kanan sebuah gambar di dalam Firefox dan memilih “Zotero” > “Save Image as Zotero Item”.

Menambahkan File via Jendela Zotero

Drag & Drop

File dapat disalinkan ke dalam perpustakaan Anda dengan men-drag-nya dari peramban file sistem operasi Anda ke dalam jendela Zotero, baik men-drop-kannya ke dalam sebuah koleksi di kolom kiri, atau ke dalam kolom tengah. File yang di-drop-kan ke kolom tengah ditambahkan sebagai item anak. File yang di-drop-kan ke dalam sebuah koleksi, atau di antara item-item lainnya di kolom tengah, ditambahkan sebagai item tersendiri.

Anda juga dapat men-drop item tersendiri yang telah ada ke dalam item lainnya untuk membuat item anak.

Tombol Item Baru

Salinan dan tautan file dapat dibuat dengan mengklik tombol “New Item” () yang terletak pada bagian atas kolom tengah, lalu pilih “Store Copy of File…” atau “Link to File…”. Ini akan membuat suatu item yang tersendiri.

Ketika Anda telah memilih sebuah item di kolom tengah, Anda dapat mengklik tombol paperclip “New Child Attachment” yang terletak di bagian atas kolom tengah, dan lalu memilih “Attached Stored Copy of File…” atau “Attach Link to File…”. Opsi ini juga tersedia ketika Anda mengklik-kanan sebuah item dan lalu memilih menu “Add Attachment”.

Mengakses File

File di dalam perpustakaan Anda dapat diakses dengan mengklik-ganda file yang terletak di kolom tengah tersebut. Cara lainnya, Anda dapat mengklik-kanan file tersebut dan memilih “View PDF” atau “View in External Viewer” (untuk PDF) atau “View File”.

Untuk melokasi salinan atau tautan file, klik-kanan file tersebut dalam jendela Zotero dan pilih “Show File”. File yang tersalin tersimpan dalam direktori data Zotero, dan masing-masing file tersebut memiliki subdirektorinya sendiri, yang diberi nama dengan string acak 8-karakter.